PENGARUH KETERAMPILAN MENJELASKAN OLEH GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTsN 1 SELUMA

Detasari, Mira (2022) PENGARUH KETERAMPILAN MENJELASKAN OLEH GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTsN 1 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_MIRA DETASARI BAB I.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan menjelaskan oleh guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 1 Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, penelitian ini mencari hubungan sebab akibat antara satu variabel X dengan variabel Y. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VII, VII, dan IX di MTsN 1 Seluma sebanyak 250 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Dokumentasi digunakan untuk pengamatan dan mendata jumlah siswa. Angket digunakan untuk mengungkap pegaruh variabel keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa antara variabel keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa berpengaruh positif secara signifikan dengan nilai uji f yang diperoleh Fhitung = 4,06 > Ftabel = 3,98. Maka dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga persamaan regresi yang dipergunakan dapat diterapkan dalam analisis data. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang cukup signifikan variabel (X) keterampilan menjelaskan oleh guru terhadap variabel hasil belajar (Y) siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 1 Seluma sebesar 11%. Sedangkan sisanya 89% dipengaruhi oleh variabel lain atau faktor lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menjelaskan Guru, Hasil Belajar, IPS
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:00
Last Modified: 03 Oct 2022 04:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10307

Actions (login required)

View Item View Item