PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 KOTA BENGKULU (Studi Pada Materi Praktik Penyelenggaraan Jenazah)

Handayani, Putri (2022) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 KOTA BENGKULU (Studi Pada Materi Praktik Penyelenggaraan Jenazah). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
PUTRI HANDAYANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ketepatan dalam menerapkan metode untuk kegiatan pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dari keberhasilan kegiatan pembelajaran.Guru Fiqih memilih menerapkan metode pembelajaran demontsrasi untuk diterapkan dengan harapan agar semua tujuan dari pelaksanaan pembelajaran praktik penyelenggaraan jenazah dapat tersampaikan secara maksimal dan dengan cara yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimana guru mata pelajaran Fiqih menerapkan metode demosntrasi pada materi praktik penyelenggaraan jenazah, (2)untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru Fiqih dalam menerapkan metode demosntrasi pada materi praktik penyelenggaraan jenazah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus.Prosedur pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, data display dan kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil: (1) Pelaksanaan pembelajaran metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih praktik penyelenggaraan jenazah di MAN 2 Kota Bengkulu dilaksanakan mulai dari yang pertama perencanaan dan persiapan, kedua pelaksanaan, yang ketiga penutup. (2) Hambatan pelaksanaan pembelajaran Fiqih praktik penyelenggaraan jenazah menggunakan metode demonstrasi di di MAN 2 Kota Bengkulu terdapat pada perencanaan dan persiapan. Hambatan itu muncul diawal penerapan pelaksanaan metode demonstrasi dikarenakan faktor kurangnya tempat untuk ptaktik menguburkan, dan serta kurangnya waktu saat menjelaskan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Mata Pelajaran Fiqih, Penyelenggaraan Jenazah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:00
Last Modified: 03 Oct 2022 04:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10309

Actions (login required)

View Item View Item