ETOS KERJA PENGRAJIN GULA KELAPA DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (Studi Di Desa Purbosari Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma)

Sholekha, Isnanda Uswatun (2022) ETOS KERJA PENGRAJIN GULA KELAPA DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (Studi Di Desa Purbosari Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
ISNANDA USWANTUN SHOLEKHA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui etos kerja Islami pengrajin gula kelapa ditinjau dari ekonomi Islam (Studi Di Desa Purbosari Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma). Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder, dan teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap 10 orang informan yang merupakan pengrajin gula kelapa di Desa Purbosari, obsevasi, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman 1) data reduction (reduksi data) 2) data display (penyajian data) 3) consulsing drawing/verification (kesimpulan). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengrajin gula kelapa di Desa Purbosari memiliki etos kerja yang cukup baik meskipun belum seluruhnya dapat merealisasikan bentuk kerja kerasnya seperti kerja keras, menghargai waktu, dan disiplin dalam bekerja. Akan tetapi tinjauan ekonomi Islam terhadap etos kerja Islami di Desa Purbosari sudah baik sesuai dengan ciri etos kerja Islami seperti selalu berhitung, kerja adalah ibadah, komitmen, dan istiqomah. Akan tetapi dalam proses penyadapan nira kelapa menggunakan kapur sirih guna untuk menstabilkan nira dan supaya nira tidak cepat basi, dan dalam proses pemasakan nira kelapa di Desa Purbosari belum murni karena menambahkan atau mencampurkan obat gula atau yang sering di sebut sodium metabisulfite guna untuk mendapatkan warna yang lebih kuning dan bersih supaya laku dalam pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja, Pengrajin Gula Kelapa, Ekonomi Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:01
Last Modified: 03 Oct 2022 04:01
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10314

Actions (login required)

View Item View Item