Noviani, Nadia Herma (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 71 KELAS III KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text
NADIA HERMA NOVIANI (Kuning).pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran pasca pandemi dalam pembelajaran tematik di SDN 71 Kota Bengkulu. Peneliti melakukan penelitian ini pada siswa dan guru kelas III. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji ix keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran pasca pandemi dalam pembelajaran tematik di SDN 71 Kelas III Kota Bengkulu sudah cukup efektif. Sebagai bukti bahwa empat indikator efektivitas pembelajaran menurut teori Trianto sudah terlaksana dengan baik efektif, yaitu: 1. Kemampuan guru mengelola kelas dapat dilihat dari kegiatan mengajar guru yang dapat dikendalikan dengan baik setelah adanya pandemi. 2. Aktivitas siswa dapat dilihat dari kesiapan guru dan siswa saat memulai proses pembelajaran dan semangat siswa yang besar setelah kembalinya proses pembelajaran tatap muka. 3. Respon siswa dapat dilihat dari siswa yang merasa senang dengan pembelajaran tematik. 4. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil ulangan harian siswa saat masa pandemi dan pasca pandemi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran, Pasca Pandemi, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H John Hendri |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 04:01 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 04:01 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10318 |
Actions (login required)
View Item |