PENGARUH PENDEKATAN “MIKiR” TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 02 REJANG LEBONG

Novela, Novela (2022) PENGARUH PENDEKATAN “MIKiR” TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 02 REJANG LEBONG. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
NOVELA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa menggunakan pendekatan MIKiR dan pengaruh pendekatan MIKiR terhadap Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di MIN 02 Rejang Lebong Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas IV MIN 02 Rejang Lebong yang terdiri dari kelas eksperimen IVb dan Kelas Kontrol IVa teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Regresi linier sederhana dengan bantuan Program Statistical Product For Servicer Solution (SPSS) 25. Dari Penggunaan pendekatan MIKiR dapat meningkatkan minat belajar siswa adapun nilai rata-tara untuk minat belajar siswa kelas IVb sebesar 78,53 dan pada kelas IVa 63,13. Berdasarkan hasil penelitian dari angket variabel X dan variabel Y, maka dapat dilihat hasil penelitian yang menunjukkan t hitung lebih besar dari nilai t tabel, nilai t tabel sebesar 2,048 dan diperoleh nilai t hitung sebesar 4,383. Maka t hitung 4,383 > t tabel 2,048 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dan dari hasil perhitungan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,596, nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh Pendekatan MIKiR (X) terhadap Minat belajar siswa pada mata pelajaran ipa (Y) adalah sebesar 59,6 % sedangkan 40,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Saran bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajran hendaknya menggunakan pendekatan yang sesuai dengan materi agar dapat mengatasi rendahnya minat belajar siswa. Bagi siswa dalam penmbelajaran memiliki minat belajar yang tinggi dapat mempengaruhi hasil belajar baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:01
Last Modified: 03 Oct 2022 04:01
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10319

Actions (login required)

View Item View Item