ANALISIS PERAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR'AN MAHASANTRI PUTRI MA'HAD AL-JAMI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Widiyaningrum, Winda (2022) ANALISIS PERAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR'AN MAHASANTRI PUTRI MA'HAD AL-JAMI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
WINDA WIDIYANINGRUM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran tutor sebaya terhadap motivasi menghafal Al-Qur‟an mahasantri dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat/kendala mahasantri dalam mengahafal Al-Qur‟an. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian in adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa peran tutor sebaya terhadap motivasi menghafal Al-Qur‟an mahasantri memberikan dampak yang positif. Dengan adanya tutor sebaya disetiap kamar akan memberikan kemudahan bagi mahsantri unutk setoran hafalan, tahsin, dan menjadi tempat untuk bertanya dan belajar. Walaupun mahasantri saat menghafal Al-Qur‟an memiliki faktor penghambat yang terdapat dari dalam diri mahasantri yaitu faktor internal yakni rasa malas maupun dari luar diri mahasantri yaitu faktor eksternal yakni banyak tugas dari kampus dan kegiatan lain di Ma‟had selain menghafal Al-Qur‟an. Namun semua faktor penghambat dapat di toleransi oleh faktor pendukung yaitu keinginan menjadi hafizh Qur‟an, dukungan dari keluarga, ustadz/ustadzah, teman seperjuangan, dan tutor sebaya yang selalu memberi motivasi semangat menghafal Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Tutor Sebaya, Motivasi Menghafal Al�Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:01
Last Modified: 03 Oct 2022 04:01
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10322

Actions (login required)

View Item View Item