TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU AGEN PADA PRAKTIK JUAL BELI PAKAIAN BEKAS DENGAN SISTEM KARUNGAN DI PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU

Erlan, Trimal Jummarta (2022) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU AGEN PADA PRAKTIK JUAL BELI PAKAIAN BEKAS DENGAN SISTEM KARUNGAN DI PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi TRIMAL JUMMARTA ERLAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana praktik jual beli pakaian bekas dengan sistem karungan di Pasar Panorama Kota Bengkulu. (2) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap perilaku agen pada praktik jual beli pakaian bekas dengan sistem karungan di Pasar Panorama Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli pakaian bekas dengan sistem karungan di pasar panorama dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap perilaku agen pada praktik jual beli pakaian bekas dengan sistem karungan di pasar Panorama Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pedagang mendapat pakaian bekas dari agen di Kota Palembang dengan sistem karungan berupa kode berdasarkan jenis pakaian yang dibeli, pedagang membeli pakaian bekas dengan datang ke palembang namun ada juga yang membeli via telpon dan barang di antar oleh pihak agen atau kurir. (2) Di tinjau dari etika bisnis Islam jual beli pakaian bekas dengan sistem karungan ini masih terdapat beberapa kecurangan yang dilakukan agen dan ketidakjelasan (gharar) pada objek jual beli mengenai kualitas dan kuantitas pakaian bekas tersebut, serta jual beli ini belum sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu kesatuan (Tauhid), keseimbangan/Adil, kebenaran (Ihsan), tanggung jawab (Responsibility).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual beli pakaian bekas, etika bisnis Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:03
Last Modified: 03 Oct 2022 07:03
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10352

Actions (login required)

View Item View Item