PENDAMPINGAN PENINGKATAN KETERAMPILAN WANITA DALAM PENGELOLAAN LIMBAH GELAS PLASTIK MENJADI KERAJINAN TANGAN DI DESA TANAH ABANG KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA (BENGKULU)

Paramita, Anisa Devi (2022) PENDAMPINGAN PENINGKATAN KETERAMPILAN WANITA DALAM PENGELOLAAN LIMBAH GELAS PLASTIK MENJADI KERAJINAN TANGAN DI DESA TANAH ABANG KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA (BENGKULU). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI PM BARU ANISA DEVI okee_removed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Usaha Pengelolaan Limbah Gelas Plastik memberikan pendapatan yang dapat diandalkan bagi sebagian besar penduduk miskin pedesaan di Indonesia, Limbah gelas plastik merupakan limbah sisa-sisa wadah plastik minuman yang berbentuk gelas. Limbah Gelas Plastik tidak termanfaatkan oleh masyaraka karena belum tahu bagaimana mengelola plastik terutama limbah gelas plastik dapat dijadikan produk yang bernilai ekonomis. Berdasarkan identifikasi wilayah yang dilakukan di Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma, terlihat bahwa masih banyaknya limbah gelas plastik yang belum dimanfaatkan. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan informasi yang didapat untuk memanfaatkan limbah gelas plastik sebagai sumber ekonomi bagi masyarakat menjadi berbagai macam produk kerajinan. Tujuan penelitian ini pendampingan dalam meningkatkan keterampilan wanita melalui pengelolaan limbah gelas plastik menjadi kerajinan tangan di Desa Tanah Abang. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat terdiri atas tiga langkah utama, yaitu persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Pedampingan mengarahkan kelompok wanita maju tentang cara mengelola limbah gelas plastik menjadi berbagai macam produk kerajinan seperti Piring, wadah aqua gelas, tas belanja dan lain sebagainya. Peningkatan Keterampilan kelompok wanita maju Desa Tanah Abang yang pada awalnya tidak mengetahui cara membuat kerajinan tangan dari rangkaian limbah gelas plastik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Peningkatan, Pengelolaan, Limbah Gelas Plastik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:03
Last Modified: 03 Oct 2022 07:03
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10354

Actions (login required)

View Item View Item