STRATEGI PENJUALAN MAKANAN SEHAT MASA PANDEMI COVID-19 DAPUR UMMAH PADANG HARAPAN KOTA BENGKULU

Septia, Rafika Dewi (2022) STRATEGI PENJUALAN MAKANAN SEHAT MASA PANDEMI COVID-19 DAPUR UMMAH PADANG HARAPAN KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
RAFIKA DEWI SEPTIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi penjualan makanan sehat dapur ummah pada masa pandemi dan bagaimana bentuk makanan sehat yang diproduksi oleh dapur ummah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini ada 10 orang konsumen dan 1 owner dapur ummah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian strategi penjualan makanan sehat di dapur ummah yakni selalu meningkatkan kualitas produk, varian produk lumayan banyak, memberikan diskon, dan menerapkan marketing mix syariah yakni mulai dari proses pembuatan, penawaran, dan perubahan harga terkombinasi dengan sempurna. Cara yang digunakan untuk mempromosikan atau mengiklankan produk yaitu dengan menggunnakan spanduk yang di depan rumah dan memanfaatkan media sosial seperti facebook dan whatsapp. Bentuk produk makanan sehat di dapur ummah yang diperjualbelikan adalah terbuat dari produk yang halal dan menggunakan bahan-bahan yang premium. Produk yang dijual ada nasi Briyani, bolu tape, kue keju gula aren), jus super food Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa strategi penjualan yang digunakan yaitu marketing mix, didalam promosi tidak ada unsur gharar atau taghrir (unsur tipu menipu). Dan bentuk makanan sehat yang diproduksi yaitu terbentuk dari bahan-bahan yang halal dan premium, serta sesuai syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penjualan, Bentuk Makanan Sehat Dapur Ummah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:04
Last Modified: 03 Oct 2022 07:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item View Item