STRATEGI PENYELENGGARAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI PADA JAMAAH HAJI LANJUT USIA OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) MAKRIFATUL ILMI BENGKULU SELATAN

Santya, Tri (2022) STRATEGI PENYELENGGARAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI PADA JAMAAH HAJI LANJUT USIA OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) MAKRIFATUL ILMI BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
TRI SANTYA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penyelenggaraan bimbingan manasik haji pada jamaah haji lanjut usia dan apa saja faktor pendukung dan penghambat di KBIHU Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi penyelenggaraan bimbingan manasik haji pada jamaah haji lanjut usia oleh KBIHU Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan melalui beberapa tahapan yaitu pertama, menerapkan metode manasik yang mudah dipahami jamaah lanjut usia. Kedua, melibatkan keluarga dalam manasik haji mengingat jamaah haji kondisinya sudah menurun. Adapun faktor pendukung dan penghambat bimbingan manasik pada jamaah haji lanjut usia antara lain faktor pendukungnya yaitu, fasilitas manasik seperti buku panduan, prasarana dan sarana, jadwal bimbingan manasik dan metode manasik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor pendidikan jamaah haji yang berbeda-beda dan faktor usia jamaah yang sudah lanjut usia sehingga konsentrasi dan mulai menurunnya kemampuan akal dan fisik jamaah haji. Secara keseluruhan penyelenggaraan bimbingan manasik haji pada jamaah haji lanjut usia dalam menerapkan strategi sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penyelenggaraan, Bimbingan Manasik Haji, Lanjut Usia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Haji dan Umrah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:08
Last Modified: 03 Oct 2022 07:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10384

Actions (login required)

View Item View Item