PENDISTRIBUSIAN DANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PERSPEKTIF DISTRIBUSI ISLAM (Studi pada RW 09 Kelurahan Kandang Mas Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu)

Atriani, Iga (2022) PENDISTRIBUSIAN DANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PERSPEKTIF DISTRIBUSI ISLAM (Studi pada RW 09 Kelurahan Kandang Mas Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI IGA ATRIANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pendistribusian dana PKH pada RW 09 Kelurahan Kandang Mas Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, untuk mengetahui apa kendala dalam pendistribusian dana PKH pada RW 09 dan untuk mengetahui bagaimana pendistribusian dana PKH pada RW 09 dalam perspektif distribusi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pendistribusian dana PKH pada RW 09 dilaksanakan dengan pendamping PKH menerima data calon KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH dari Dinas Sosial Bengkulu, selanjutnya pendamping PKH melakukan sosialisasi, memvalidasi, dan pertemuan kelompok. (2) Kendala yang terjadi terkait dengan pendistribusian dana PKH yaitu terdapat KTP dan KK KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH yang tidak sinkron satu sama lain (3) Pendistribusian dana PKH pada RW 09 adalah belum sesuai dengan distribusi Islam. Karena belum memenuhi dua prinsip distribusi dalam Islam, yaitu prinsip keadilan dan pemerataan, dan prinsip solidaritas sosial, namun telah sesuai dengan prinsip persaudaraan dan kasih sayang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Keluarga Harapan, Distribusi Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:09
Last Modified: 03 Oct 2022 07:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item View Item