PENGEMBANGAN PERMAINAN MUSICAL TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA ABK AUTIS

Santoso, Joko. W. (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN MUSICAL TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA ABK AUTIS. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
Proposal Skripsi JoKO B5 2022 PDF.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN PERMAINAN MUSICAL TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA ABK AUTIS Oleh : Joko. W. Santoso Nim : 1811280023 Kata kunci : Bermain Musical Talking Stick, Anak Autis Penelitian ini dilatar belakangi anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang mengalami gangguan perkembangan dan kelainan yang dialami anak sehingga mereka memerlukan sebuah penanganan khusus baik dalam kehidupan secara sosial maupun secara pendidikan.perlunya pengembangan. Atas dasar ini, permasalahan penelitian ini adalah proses pengembangan permainan Musical Talking Stick serta apakah bermain Musical Talking Stick efektif dalam proses pembelajaran siswa ABK Autis. Dalam metode jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan atau dalam kalimat bahasa inggirsnya Resaerch and Development (R&D). Serta metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan sebuah produk atau inovasi-inovasi tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. x Dengan menggunakan model Plomp yang hanya menggunakan empat langkah saja, yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes,evaluasi dan revisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan kriteria analisis dilaksanakan dengan skala Likert, dengan kriteria sangat setuju (SS), setuju (S), kurang setuju (KS), dan tidak setuju (TS). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan disimpulkan bahwa perkembangan permainan Musical Talking Stick ( MTS) efektif dalam membantu proses perkembangan anak dalam pembelajaran matematika, khususnya pada bidang apektif, kognitif dan psikomotrik, hal ini juga dilihat dari hasil pengamatan dari uji coba pertemuan 1, 2 dan 3. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa penerapan permainan menjadikan anak tertarik dan lebih fokus dalam pembelajaran. Penelitian ini terbukti memengaruhi perkembangan xi aspek apektif, kognitif dan psikomotrik, anak melalui pola permaianan yang dilakukan dengan cara melalui pendengaran, pengelihatan dan gerakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bermain Musical Talking Stick, Anak Autis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:26
Last Modified: 03 Oct 2022 07:26
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10406

Actions (login required)

View Item View Item