Detasari, Mira (2022) PENGARUH KETERAMPILAN MENJELASKAN OLEH GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTsN 1 SELUMA. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text (Skripsi)
MIRA DETASARI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Nama : Mira Detasari Nim : 1811270040 Prodi : Tadris IPS ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan menjelaskan oleh guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 1 Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, penelitian ini mencari hubungan sebab akibat antara satu variabel X dengan variabel Y. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VII, VII, dan IX di MTsN 1 Seluma sebanyak 250 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Dokumentasi digunakan untuk pengamatan dan mendata jumlah siswa. Angket digunakan untuk mengungkap pegaruh variabel keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa antara variabel keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa berpengaruh positif secara signifikan dengan nilai uji f yang diperoleh Fhitung = 4,06 > Ftabel = 3,98. Maka dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga persamaan regresi yang dipergunakan dapat diterapkan dalam analisis data. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang cukup signifikan variabel (X) keterampilan menjelaskan oleh guru terhadap variabel hasil belajar (Y) siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 1 Seluma sebesar 11%. Sedangkan sisanya 89% dipengaruhi oleh variabel lain atau faktor lain. Kata Kunci: Keterampilan Menjelaskan Guru, Hasil Belajar, IPS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Keterampilan Menjelaskan Guru, Hasil Belajar, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 07:33 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 07:33 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10432 |
Actions (login required)
View Item |