PROBLEMATIKA ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI ANAK DI DESA BOGOR BARU KECAMATAN KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG

Lestari, Mutiara Dewi (2022) PROBLEMATIKA ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI ANAK DI DESA BOGOR BARU KECAMATAN KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI INTAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya proses pembelajaran akidah akhlak yang secara signifikan belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa secbagai indikator pemahaman siswa terhadap materi akidah akhlak yang belum maksimal. Upaya yang diduga dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak adalah dengan menggunakan model VCT. Atas dasar ini maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan model pembelajaran VCT dan metode ceramah dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran VCT dan ceramah dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan kuantitatif eksperimen semu (quasi experiment design) yakni data berupa angka-angka yang berkaitan dengan tema penelitian. Penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan the equaivalent control group yaitu yang dilakukan dengan cara memberikan postest kepada seluruh kelompok baik itu kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol kemudian dibandingkan antara keduanya dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran value clarification technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung = 14,73 sedangkan t tabel = 1,310 (t hitung > t tabel). Dengan demikian Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran value clarification technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu dapat diterima dan yang menyatakan tidak terdapat pengaruh metode ceramah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu ditolak. Hal ini artinya model pembelajaran VCT, hasilnya lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah hal ini dibuktikan dengan setelah diadakan postes ternyata nilai hasil belajar siswa dengan model pembelajaran VCT lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan metode ceramah. Sehingga peneliti dapat menyatakan bahwa model pembelajaran VCT baik digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran di MIN 1 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model VCT, metode ceramah, hasil belajar dan akidah akhlak
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:41
Last Modified: 03 Oct 2022 07:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10475

Actions (login required)

View Item View Item