EKSISTENSI KOMUNITAS LITERASI GERAKAN SEKUNDANG MEMBACA DALAM PENGEMBANGAN MINAT BACA DI KECAMATAN PASAR MANNA BENGKULU SELATAN

Gina, Okta (2018) EKSISTENSI KOMUNITAS LITERASI GERAKAN SEKUNDANG MEMBACA DALAM PENGEMBANGAN MINAT BACA DI KECAMATAN PASAR MANNA BENGKULU SELATAN. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
PDF TESIS.pdf

Download (7MB)

Abstract

Minat baca adalah kecendrungan sikap yang ditunjukkan dengan melakukan aktivitas membaca dilakukan dengan perasaan senang dan dianggap penting dan berguna. Dalam penelitian ini, penulis pengangkat rumusan masalah yaitu bagaimanakah eksistensi komunitas literasi di Bengkulu Selatan. Bagaimana implikasi komunitas literasi dalam pengembangan minat baca, serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pengembangan minat baca masyarakat Bengkulu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan minat baca buku di Bengkulu Selatan serta menjelaksan apa saja faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca tersebut. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pasar Manna dengan melakukan pengamatan langsung dan tanya jawab dengan penggiat komunitas dan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif, hal ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan fenomena minat baca buku masyarakat Bengkulu Selatan dengan fenomena pada saat dilakukan penelitian. Dari hasil analisis yang diperoleh bahwa, minat baca masyarakat rendah disebabkan oleh minimnya jenis buku di perpustakaan yang kerang beragam, minimnya penggiat literasi serta banyaknya tontonan dan permainan yang dapat mengalihkan minat masyarakat untuk membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Komunitas Literasi, Pengembangan Minat Baca
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:33
Last Modified: 07 Oct 2022 03:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10516

Actions (login required)

View Item View Item