PENGARTJH PEMBERIAI{ REWARD DAN PANISEMENT TERHADAP MOTIVASI BII,AJARDAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAII DASAR ISLAM TERPADU IQRA'2 KOTABENGKULU

Lestari, Anrea (2018) PENGARTJH PEMBERIAI{ REWARD DAN PANISEMENT TERHADAP MOTIVASI BII,AJARDAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAII DASAR ISLAM TERPADU IQRA'2 KOTABENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS ANREA LESTARI NIM.2163020869.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan teknik pengambilan sampel secara acak (simple random sample) yang menghasilkan 40 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisa data berupa analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya enam kesimpulan. Pertama, terdapat pengaruh yang positif reward terhadap motivasi belajar siswa SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Besarnya pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa sebesar 21%. Kedua, terdapat pengaruh yang positif punishment terhadap motivasi belajar siswa SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Besarnya pengaruh punishment terhadap motivasi belajar sebesar 15,3%. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif reward dan punishment secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Besarnya pengaruh reward dan punishment secara simultan (bersama-sama) sebesar 25,6%. Keempat, terdapat pengaruh yang positif reward terhadap hasil belajar siswa SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Besarnya pengaruh reward terhadap hasil belajar siswa sebesar 15,2%. Kelima, terdapat pengaruh yang positif punishment terhadap hasil belajar siswa SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Besarnya pengaruh punishment terhadap hasil belajar siswa sebesar 12,5%. Keenam, terdapat pengaruh yang positif reward dan punishment secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Besarnya pengaruh reward dan punishment secara simultan (bersama-sama) sebesar 23,8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:24
Last Modified: 07 Oct 2022 08:24
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10536

Actions (login required)

View Item View Item