KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) SISWA DI MTsN 02 BENGKULU SELATAN

NAYATI, AITAS (2018) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) SISWA DI MTsN 02 BENGKULU SELATAN. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS AITAS NAYATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional guru rumpun PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur‟an (bta) siswa di MTsN 02 Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan evaluatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; pertama, bagaimana tingkat kompetensi profesional guru rumpun PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur‟an (bta) siswa di MTsN 02 Bengkulu Selatan. Kedua, bagaimana kemampuan Baca Tulis Al�Qur‟an (bta) siswa di MTsN 02 Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan check list. Adapun jenis data terdiri dari data primer dan data skunder. Analisa data menggunakan teknik analisa deskriptif evaluatif, yaitu menganalisa data yang ada dengan membandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan dan dideskripsikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru rumpun PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur‟an (bta), di MTsN 02 Bengkulu Selatan sudah berjalan dengan sangat baik. Hal ini terbukti dari 40 indikator yang diteliti hanya 5 indikator yang belum terlaksana dengan baik, dengan tingkat persentase 87,5%. Hal ini didasarkan pada kriteria kompetensi profesional guru rumpun PAI di MTsN 02 Bengkulu Selatan, tingkat pelaksanaannya dikategorikan sangat baik karena tingkat kematangan kompetensi profesional guru rumpun PAI mencapai (81 - 100%).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: long life education
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:28
Last Modified: 07 Oct 2022 08:28
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10563

Actions (login required)

View Item View Item