IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENANAMKAN SIKAP RELIGIUS SISWA DI MIN NANJUNGAN KECAMATAN PINO RAYA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

JOYO, PIRMAN (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENANAMKAN SIKAP RELIGIUS SISWA DI MIN NANJUNGAN KECAMATAN PINO RAYA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
PIRMAN JOYO PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era globalisasi ini bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada persoalan moral dan karakter yang sangat serius. Pergeseran orientasi kepribadian yang mengarah pada berbagai perilaku amoral sudah demikian jelas dan nampak terjadi di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Bahkan praktik-praktik kebohongan dalam dunia pendidikan mulai pada saat ujian sampai pada plagiatisme. Situasi dan kondisi karakter sumber daya bangsa yang memprihatinkan tersebut, maka sangat urgen penanaman karakter anak bangsa yang mengarah pada sikap religius anak sejak usia dini. Dengan menumbuhkan kecintaan kepada ajaran agama khususnya agama Islam diharapakan anak tidak kehilangan arah dan mampu memfilter dampak negatif dari globalisasi yang telah masuk ke pelosok desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah penerapan dan pelaksanan pendidikan karakter dalam menanamkan sikap religius siswa, serta faktor pendukung dan penghambat untuk menanamkan sikap religius siswa di MIN Nanjungan Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkah pendidikan karakter dalam menanamkan sikap religius siswa di MIN Nanjungan? bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam menanamkan sikap religius siswa di MIN Nanjungan? dan faktor pendukung dan penghambat untuk menanamkan sikap religius siswa di MIN Nanjungan Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis yang bersifat induktif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan oleh peneliti langsung. Teknik yang dipakai untuk pengambilan data yaitu observasi, wawanncara, dokumentasi dan cheklist. Hasil penelitian ini adalah pendidikan karakter memang sudah ada dalam muatan di kurikulum K.13. Adapun temuan peneliti dalam penelitian ini: pertama langkah penerapan yang ditempuh MIN Nanjungan pada pendidikan karakter dalam menanamkan sikap religius siswanya dengan membentuk guru Pembina keagamaan. Pembina keagamaan adalah seorang guru yang ditunjuk oleh kepala madrasah untuk mengkoordinir kegiatan keagamaan. Adapun langkah khusus yang ditempuh dalam menanamkan sikap religius siswa adalah membuat kartu kendali. Kartu tersebut bertujuan untuk mengontrol sholat lima waktu anak ketika anak berada di luar Madrasah. Kedua implementasi pendidikan karakter dalam menanamkan sikap religius siswa dengan melalui intra dan ektra kurikuler. Intra kurikuler melalui pendekatan pembelajaran di ruang kelas. Sedang ekstra kurikuler melalui program-program yang dibuat oleh Pembina keagamaan. Ketiga pendukung dan penghambatnya; faktor pendukung diantaranya; fasilitas memawadai, kerjasama guru dan kepala madrasah yang harmonis sehingga terlaksana program keagamaan. Adapun faktor penghambat; minimnya teladan dari orang a kepada anaknya, kurangnya kesadar anak dan orang tua akan pentingnya ilmu agama untuk masa depan anaknya. Orang tua kurang mengontrol perkembangan sikap religius pada anaknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Religius, Pendidikan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:29
Last Modified: 07 Oct 2022 08:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10566

Actions (login required)

View Item View Item