TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA MEMPERTAHANKAN KELUARGA SAKINAH DALAM HUBUNGAN JARAK JAUH (Studi Kasus Aparatur Sipil Negara IAIN Bengkulu)

Wahyudi, Capri (2018) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA MEMPERTAHANKAN KELUARGA SAKINAH DALAM HUBUNGAN JARAK JAUH (Studi Kasus Aparatur Sipil Negara IAIN Bengkulu). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI CAPRI WAHYUDI, S.H.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ada tiga permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Apa saja problematika yang dihadapi pasangan hubungan jarak jauh dalam rumah tangga, (2) Bagaimana upaya yang dilakukan pasangan hubungan jarak jauh dalam mempertahankan keluarga sakinah. (3) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap upaya mempertahankan keluarga sakinah dalam hubungan jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematikan pasangan hubungan jarak jauh, upaya mempertahankan keluarga sakinah dalam hubungan jarak jauh dan tinjauan hukum Islam. Jenis Penelitian dalam skripsi ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengungkap persoalan secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) waktu bertemu terbatas, komunikasi berkurang, nafkah lahir terbatas, nafkah biologis tidak tercukupi, perselisihan masalah anak, kesalahpahaman dalam berkomunikasi, perbedaan pendapat (2) mengatasi hubungan jarak jauh tetap melakukan komunikasi, sering pulang, mengajukan mutasi atau pindah, mengajukan pensiun dini, tetap memenuhi nafkah lahir dan biologis, menyelesaikan permasalahan dengan baik. (3) Telah sesuai dengan hukum Islam yang telah menjalani kewajibannya sebagai suami istri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Sakinah, Hubungan Jarak Jauh Hukum Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:09
Last Modified: 28 Oct 2022 02:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10575

Actions (login required)

View Item View Item