PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (SOSIODRAMA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 72 SELUMA

HARIANTI, PETI (2018) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (SOSIODRAMA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 72 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PETI HARIANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan masih kentalnya bahasa daerah terhadap dialog yang digunakan oleh siswa, siswa kurang terampil dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana metode bermain peran (sosiodrama) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 72 Seluma. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tahapan: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi atau pengamatan (observation), refleksi (reflection) yang terdiri dari tiga siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu lembar observasi, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan mencari persentase ketuntasan belajar klasikal dan persentase kategori ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah tindakan dilakukan sebanyak tiga siklus, dengan tiga kali pertemuan yang berlangsung selama tiga jam pelajaran. Pada tiap siklusnya, pembelajaran berjalan dengan baik, baik dari aktivitas siswa maupun dari hasil belajar yang diperoleh siswa mengalami peningkatan. Pada saat pre test, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 66,61 dengan ketuntasan belajar 46,43%, maka peneliti melaksanakan Siklus I dan didapatkan nilai rata-rata 72,86 dengan ketuntasan belajar 60,71%. Peneliti kemudian melanjutkan ke Siklus II dan didapatkan nilai rata-rata 79,11 dengan ketuntasan belajar 75%. Terakhir, peneliti melanjutkan ke Siklus III diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 81,6 dengan ketuntasan belajar 89,29%. Karena ketuntasan belajar klasikal telah mencapai 80%, maka siklus dihentikan. Dari hasil yang telah diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran (sosiodrama) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 72 Seluma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran (Sosiodrama), Hasil Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:12
Last Modified: 03 Nov 2022 02:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10602

Actions (login required)

View Item View Item