PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARDUS BEKAS DI SDN 03 AIR NAPAL BENGKULU UTARA

Septiana, Eka (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARDUS BEKAS DI SDN 03 AIR NAPAL BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN 03 Air Napal Bengkulu Utara dengan menggunakan media pembelajaran kardus bekas. Yang berumusan masalah bagaimana peningkatan hasil belajar bidang studi matematika dengan menggunakan media kardus bekas di SD Negeri 03 Air Napal Bengkulu Utara.Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindak kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa dan tes tertulis. Lembar observasi berguna untuk mengetahui aktifitas guru dan aktivitas siswa pada proses belajar mengajar, sedagkan tes tertulis untuk mengatahui hasil belajar siswa. Pada pra siklus(pre-test) diperoleh hasil belajar 56%, dengan nilai rata-rata 58,2. Untuk itu peneliti melaksanakan siklus I diperoleh hasil belajar siswa 68% dengan nilai rata�rata69,08. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88% dengan nilai rata-rata 81,6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran kardus bekas dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa, khususnya pada siswa kelas II di SDN 03 Air Napal Bengkulu Utara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:52
Last Modified: 03 Nov 2022 07:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10617

Actions (login required)

View Item View Item