Penerapan Prinsip-Prinsip Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) dan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS)

Septanto, Wahyu (2022) Penerapan Prinsip-Prinsip Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) dan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI WAHYU PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ada dua permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1)Bagaimana Prinsip-Prinsip Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) dalam Lembaga Keuangan Syariah Non Bank, (2)Bagaimana Prinsip-prinsip Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) dalam Buku Lembaga Keuangan Syariah Non Bank. Pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode mengkaji beberapa sumber seperti buku, jurnal, website lembaga keuangan syariah non bank serta tambahan wawasan bagi penulis tentang pembahasan yang akan diuraikan dalam buku sebagai referensi utama dalam penulisan skripsi ini. Penelitian ini ditemukan bahwa (1)Prinsip Baitul Maal Wa Tamwil dalam Buku Lembaga Keuangan Syariah Non Bank adalah di antaranya Prinsip kehati�hatian (prudential principle), Prinsip mengenal nasabah (know your customer principle), Good Corporate Govermance (GCG) agar terhindar dari maisir (perjudian), gharar (penipuan), risywah (suap), riba (bunga), (2)Prinsip Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) dalam Buku Lembaga Keuangan Syariah Non Bank adalah di antaranya Prinsip titipan atau simpanan, Bagi Hasil (Profit Sharing), Jual beli (Sale Purchase), Sewa (Operating Lease and Financing Lease), Jasa (fee-based services) agar memenuhi kebutuhan masyarakat akan dana sebagai sarana untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Keuangan Syariah Non Bank, Prinsip Baitul Maal Wa Tamwil, Prinsip Koperasi Jasa Keuangan Syariah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:57
Last Modified: 03 Nov 2022 07:57
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10629

Actions (login required)

View Item View Item