Peran Polres Dalam Mencegah Pelanggaran Lalu Lintas Terhadap Pelaku Dibawah Umur Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 dan Hukum Islam (Studi Polres Kota Bengkulu)

SATRIANTI, SATRIANTI (2018) Peran Polres Dalam Mencegah Pelanggaran Lalu Lintas Terhadap Pelaku Dibawah Umur Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 dan Hukum Islam (Studi Polres Kota Bengkulu). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SATRIANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Polres dalam mencegah pelanggaran lalu lintas terhadap pelaku dibawah umur ditinjau dari Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 (2) Bagaimana peran Polres dalam mencegah pelanggaran lalu lintas terhadap pelaku dibawah umur ditinjau dari Hukum Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengerahui peran polres dalam mencegah pelanggaran lalu lintas terhadap pelaku dibawah umur ditinjau dari Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 dan peran Polres dalam mencegah pelanggaran lalu lintas terhadap pelaku dibawah umur ditinjau dari Hukum islam. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan alat pengumpulan data melalui wawancara. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa peran Polres dalam mencegah pelanggaran lalu lintas terhadap pelaku dibawah umur adalah dengan upaya preventif yaitu melakukan penyuluhan, patroli dan penjagaan disimpang jalan yang rawan terjadi pelanggaran dan sosialisasi dan upaya represif yaitu dengan teguran, tilang dan sanksi kurungan. Ditinjau dari hukum islam, bertentangan dengan surat An-Nisa Ayat 59 karena masih ada aparat kepolisian yang tidak taat aturan pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran, Anak Dibawah Umur, Hukum Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:57
Last Modified: 03 Nov 2022 07:57
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10637

Actions (login required)

View Item View Item