TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERILAKU REMAJA MENGKONSUMSI ZAT ADIKTIF (Studi Kasus di Kecamatan Pasar Manna Bengkulu Selatan)

SAPUTRI, ALEN ANDIKA (2018) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERILAKU REMAJA MENGKONSUMSI ZAT ADIKTIF (Studi Kasus di Kecamatan Pasar Manna Bengkulu Selatan). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
ALEN ANDIKA SAPUTRI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adapun persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Apa sajakah faktor penyebab perilaku remaja mengkonsumsi zat adiktif di daerah Pasar Manna Bengkulu Selatan, (2) Bagaimanakah menurut tinjauan hukum Islam terhadap perilaku remaja mengkonsumsi zat adiktif. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode deskritif kualitatif yang bermanfaat untuk memberikan informasi, fakta dan data remaja mengkonsumsi zat adiktif di Kecamatan Pasar Manna Bengkulu Selatan. Kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Faktor remaja mengkonsumsi zat adiktif disebabkan oleh faktor internal, yaitu faktor kepribadian yang di dorong oleh rasa ingin tahu, dan faktor keluarga disebabkan karena tidak adanya komunikasi antar keluarga. Kemudian ada faktor eskternal, yaitu faktor pergaulan dikarenakan ajakan teman sebayanya, dan faktor lingkungan dikarenakan lingkungan yang kurang baik serta kurangnya kepedulian masyarakat di lingkungan sekitar. (2) Tinjauan hukum Islam terhadap perilaku remaja mengkonsumsi zat adiktif. Dalam Islam tidak dijelaskan mengenai zat adiktif, namun dalam hal ini mengkonsumsi zat adiktif untuk sengaja memabukkan dan tujuan mabuk akan diqiyaskan dengan khamar yang di dalam Al-Qur‟an telah dijelaskan bahwa khamar itu haram karena dapat merusak akal pikiran. Sama halnya dengan mengkonsumsi zat adiktif, juga dapat merusak akal pikiran. Dengan demikian dalam pandangan Islam keharaman tersebut terletak pada tindakan mengkonsumsi sesuatu yang dinyatakan haram, karena kenyataannya memang memabukkan dan sudah mendatangkan dampak negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Remaja, Zat Adiktif, dan Hukum Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:02
Last Modified: 03 Nov 2022 08:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10675

Actions (login required)

View Item View Item