PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM MEMBENTUK PARA HAFIZH AL-QURAN (Studi di Yayasan Tahfizh Al-Quran An-Nur Kota Bengkulu)

Intani, Reza (2018) PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM MEMBENTUK PARA HAFIZH AL-QURAN (Studi di Yayasan Tahfizh Al-Quran An-Nur Kota Bengkulu). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
reza intani copi 2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu Bagaimana penerapan fungsi-fungsi manajemen di Yayasan An-Nur Kota Bengkulu dalam membentuk para hafizh Al-Quran. Sedangkan batasan masalah dalam skripsi ini yaitu: penerapan fungsi manajemen dalam membentuk para hafizh Al�Quran yang meliputi strategi pada pembinaan tahfizh dalam metode Al�Qosimi. Tujuan penelitian ini: Untuk mengetahui bagaimana penerapan fungsi-fungsi manajemen di Yayasan An-Nur Kota Bengkulu dalam membentuk para hafizh Al-Quran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yakni dnegan menggambarkan keadaan yang terjadi di lapangan (field research). Pengumpulan data melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa bahwa penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam membentuk para hafizh Al-Quran di Yayasan An-Nur Kota Bengkulu, melalui metode Al-Qosimi. Metode Al-Qosimi merupakan suatu metode tasmi’ dan talqin, yakni anak-anak menghafal dengan cara mendengar dan lalu mengulang-ulang hafalannya dihadapan sang guru. Metode Al-Qosimi diambil dari sebuah nama tokoh yakni syaikh Abu Hurri Al-Qosimi Al-Hafizh, beliau kadang diundang 6 bulan sekali ke yayasan dalam sebuah kajian atau dauroh hafalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:04
Last Modified: 03 Nov 2022 08:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10704

Actions (login required)

View Item View Item