ANALISIS KEPUTUSAN DALAM MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BENGKULU ( Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Bengkulu )

Utami, Meilin Defika Putri (2018) ANALISIS KEPUTUSAN DALAM MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BENGKULU ( Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Bengkulu ). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MEILIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada satu persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana tingkat minat Mahasiswa perbankan syariah dalam memutuskan Menabung di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bengkulu. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bermanfaat untuk memberi informasi, fakta dan data tentang mahasiswa perbankan syariah IAIN Bengkulu dengan melakukan wawancara secara langsung kepada mahasiswa perbankan syariah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Keputusan mahasiswa perbankan syariah untuk menabung di Bank Syariah masih sangat kurang. Fakultas sudah sering menghimbau mahasiswa perbankan syariah untuk menabung di Bank Syariah, pihak fakultas sudah sering melakukan berbagai kegiatan seperti seminar, workshop dan kegiatan lainnya yang mengarahkan mahasiswa dan sekaligus menghimbau kepada mahasiswa untuk menabung di Bank Syariah. Bahkan salah satu Bank Syariah, yaitu Bank Syariah Mandiri sudah beberapa kali melakukan sosialisasi kepada mahasiswa perbankan syariah untuk menabung di Bank Syariah. Dari 48 orang yang dihimbau untuk menabung di Bank Syariah, hanya 11 orang yang telah melaksanakan himbauan tersebut dan menabung di Bank Syariah. Mereka masih banyak menabung di celengan dan terbiasa menggunakan jasa keuangan Bank Konvensional. Penyebab mahasiswa perbankan syariah belum memutuskan untuk menabung di Bank Syariah, yaitu persyaratan yang diberikan oleh pihak bank sedikit memberatkan seperti, biaya administrasi yang cukup tinggi, kemudian potongan-potongan pada setiap bulannya. Selain itu penyebab lain kurangnya keputusan mahasiswa menabung di Bank Syariah adalah jumlah kantor cabang yang masih terbatas, jumlah ATM yang masih terbatas, dan kemampuan financial (keuangan) yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:05
Last Modified: 03 Nov 2022 08:05
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10707

Actions (login required)

View Item View Item