KETIDAKADILAN PERAN GANDA PEREMPUAN DALAM RUMAH TANGGA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Terhadap Ibu Rumah Tangga Penjual Sayur di Pasar Panorama Kota Bengkulu)

Mankawil, Mankawil (2018) KETIDAKADILAN PERAN GANDA PEREMPUAN DALAM RUMAH TANGGA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Terhadap Ibu Rumah Tangga Penjual Sayur di Pasar Panorama Kota Bengkulu). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Mankawil Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada dua permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) bagaimana peran ganda ibu rumah tangga penjual sayur di Pasar Panorama Kota Bengkuluu, (2) bagaimana pandangan hukum Islam terhadap peran ganda ibu rumah tangga penjual sayur di Kota Bengkulu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran ganda ibu rumah tangga penjual sayur di Kota Bengkulu, sudah sesuai dengan konsep Islam atau belum. Untuk mengungkap permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk mendapatkan data dan fakta ibu rumah tangga penjual sayur di Pasar Panorama Kota Bengkulu. Kemudian data tersebut diuraikan dan dianalisis, sehingga dari hasil analisis ditemukan bahwa (1) dari sepuluh sampel yang peneliti ambil di dapatkan data bahwa benar mereka memiliki peran ganda, yaitu bekerja di rumah dan membantu mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan keluarga, pekerjaan ganda ibu rumah tangga diperbolehkan dalam syari’at Islam, suami dituntut untuk memberikan nafkah sesuai dengan kemampuanya, dan istri boleh membantu suami dalam hal yang positif, baik dan wajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:08
Last Modified: 03 Nov 2022 08:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10717

Actions (login required)

View Item View Item