PERSEPSI MASYARAKAT KECAMATAN TETAP KABUPATEN KAUR TENTANG PERNIKAHAN TIDAK TERCATAT DAN AKIBATNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PERNIKAHAN TIDAK TERCATAT

Dasmi, Yunita (2018) PERSEPSI MASYARAKAT KECAMATAN TETAP KABUPATEN KAUR TENTANG PERNIKAHAN TIDAK TERCATAT DAN AKIBATNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PERNIKAHAN TIDAK TERCATAT. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
skripsi yunita.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini ada dua yaitu (1)Bagaimana persepsi masyarakat Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur tentang pernikahan tidak tercatat, (2) Apa akibat persepsi masyarakat terhadap perkembangan pernikahan tidak tercatat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat kecamatan tetap kabupaten kaur terhadap pernikahan tidak tercatat dan untuk mengetahui akibat dari persepsi masyarakat terhadap perkembangan pernikahan tidak tercatat. Jenis penelitian ini adalah jenis enelitian kualitatif yaptu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil peneltian ini persepsi masyarakat ada dua persepsi yaitu (1) Persepsi masyakat bahwa pencatatan pernikahan itu tidak penting, karena dalam agama Islam bahwa pernikahan itu sah jika memenuhi syarat dan rukun, (2) Persepsi sebagian masyarakat bahwa pencatatan pernikahan itu penting baik menurut hukum positif maupun hukum Islam. Hal ini selain untuk melindungi masyarakat juga mempermudah administsi kependudukan dan penyelesaian permasalahan dalam keluarga. Adapun akibat dari persepsi masyarakat adalah semakin banyak orang berpersepsi semakin meningkatnya pernikahan tidak tercatat dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:08
Last Modified: 03 Nov 2022 08:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10719

Actions (login required)

View Item View Item