PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI 19 SELUMA KELURAHAN PUGUK

Budianto, Agrelis Alex (2018) PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI 19 SELUMA KELURAHAN PUGUK. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AGRELIS ALEX BUDIANTO.pdf

Download (5MB)

Abstract

Variasi mengajar merupakan selingan atau pergantian yang dapat berwujud perubahan-perubahan yang sengaja diciptakan dalam proses pembelajaran agar proses pembelajaran tidak membosankan. Keterampilan variasi yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran terbagi kedalam tiga kelompok besar antara lain; variasi dalam gaya guru mengajar, variasi dalam pola intraksi guru dengan peserta didik, dan variasi dalam menggunakan media dan alat-alat pembelajaran. Pada penelitian ini, peneliti hanya akan meneliti Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran pendidikan agama islam (PAI). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: Adakah pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran PAI Di SD Negeri 19 Seluma Kelurahan Puguk ?. Tujuan dalam penelitian ini ialah: untuk mengetahui apakah variasi gaya mengajar guru berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SD Negeri 19 Seluma Kelurahan Puguk. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif asosiatif. Adapun penelitian ini berlangsung di SDN 19 Seluma Kelurahan Puguk pada tanggal 08 November – 29 Desember. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain adalah: 1. Observasi, 2. Angket, 3. Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan perhitungan statistic dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran PAI di SDN 19 Seluma Kelurahan Puguk. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran PAI di SDN 19 Seluma Kelurahan Puguk. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan statistic menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel, yakni r hitung sebesar 0,99 lebih besar dari r tabel sebesar 0,361. Maka hipotesis nol (Ho) ditolak, sedangkan hipotesis karja (Ha) diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh antara variasi gaya mengajar guru terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran PAI di SDN 19 Seluma Kelurahan Puguk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:11
Last Modified: 03 Nov 2022 08:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10721

Actions (login required)

View Item View Item