IMPLEMENTASI HUMANISTIK DALAM KONSELING PRANIKAH (Studi Badan Penasehatan, Pembinaan Dan Pelestarian Perkawinan Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kota Manna)

Sumarni, Rosita (2018) IMPLEMENTASI HUMANISTIK DALAM KONSELING PRANIKAH (Studi Badan Penasehatan, Pembinaan Dan Pelestarian Perkawinan Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kota Manna). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ROSITA SUMARNI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokos penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses implementasi humanistik dalam konseling pranikah di KUA Kec. Kota Manna. (2) Bagaimana respon pasangan pranikah terhadap proses implementasi humanistik dalam konseling pranikah di KUA Kec. Kota Manna. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Proses implementasi humanistik dalam konseling pranikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kota Manna. (2) Untuk mendeskripsikan respon pasangan pranikah terhadap proses implementasi humanistik dalam konseling pranikah di KUA Kec. Kota Manna. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (File Research) dengan pendekatan kualitatif, dan metode yang digunakan ialah metode deskriptif. Informan penelitian ini adalah 6 pasangan pranikah dan 5 pasangan yang sudah menikah serta 6 orang informan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses implementasi humanistik relevan dengan prosedur konseling pranikah yang ada di KUA, namun untuk tahapan konseling secara umum masih ada pada tahap bimbingan, begitu juga dengan metode konseling pranikah masih pada tahap bimbingan. (2) Respon pasangan pranikah terkait tentang implementasi humanistik cukup baik dan sangatlah bermanfaat diterapkan dalam proses konseling karena sifatnya timbal balik. Namun dari hasil analisis peneliti masih ada beberapa pasangan yang merasa bosan dalam mengikuti konseling pranikah. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan konseling yang sekarang dan konseling sebelumnya. Konseling yang dilakukan sekarang lebih berfokus pada sifat dari kondisi pasangan pranikah yang sejalan dengan teori Rogers, sedangkan konseling sebelumnya hanya berfokus pada materi terkait tentang pernikahan saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:11
Last Modified: 03 Nov 2022 08:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10723

Actions (login required)

View Item View Item