FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MENYIMPANG REMAJA (Studi Kasus Pada Remaja Kecanduan Komix Obat Batuk Di Desa Palak Bengkerung Kabupaten Bengkulu Selatan)

PUTRI, DENSI SAH (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MENYIMPANG REMAJA (Studi Kasus Pada Remaja Kecanduan Komix Obat Batuk Di Desa Palak Bengkerung Kabupaten Bengkulu Selatan). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DENSI PDF.pdf

Download (828kB)

Abstract

Masalah dalam skripsi ini adalah pertama: apa faktor yang memepengaruhi perilaku menyimpang remaja kecanduan komix obat batuk di Desa Palak Bengkerung Kabupaten Bengkulu Selatan, kedua: bagaimana upaya pembinaan yang dilakukan oleh orang tua dan tokoh masyarakat terhadap remaja yang berperilaku menyimpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku menyimpang remaja yang kecanduan komix obat batuk dan upaya pembinaan yang dilakukan oleh orang tua dan tokoh masyarakat terhadap remaja yang berperilaku menyimpang. Untuk mengungkapkan masalah tersebut secara mendalam dan menyeluruh peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif field research (penelitian lapangan). Informan dalam penelitian ini sebanyak 24 orang yang terdiri dari 10 orang remaja yang berperilaku menyimpang, 10 orang tua remaja yang berperilaku menyimpang, dan 4 dari pemerintah desa dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diungkapkan bahwa: pertama faktor yang mempengaruhi perilaku menyimpang remaja kecanduan Komix obat batuk ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internalnya yaitu: kontrol diri yang lemah, kurangnya motivasi untuk merubah perilaku, dan lemahnya kesadaran beragama. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu: kurangnya motivasi dari orang tua, kurangnya perhatian dari orang tua, permasalahan dalam keluarga dan perceraian orang tua, kesalahan pola asuh orang tua, dan pengaruh teman sebaya (lingkungan pergaulan). kedua upaya pembinaan yang dilakukan oleh orang tua yaitu: lebih memperhatikan anak, menyekolahkan anak ke pesantren, menyuruh anak untuk mengikuti organisasi kepemudaan, mengawasi pergaulan anak dan lebih tegas dalam mendidik anak. Sedangkan pembinaan yang dilakukan tokoh masyarakat terhadap remaja berperilaku menyimpang yaitu: mendirikan organisasi Paralegal, mendirikan organisasi kepemudaan, memberikan sanksi kepada remaja yang berperilaku menyimpang, dan mengajak remaja mengikuti kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:11
Last Modified: 03 Nov 2022 08:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10727

Actions (login required)

View Item View Item