PROSEDUR PELAKSANAAN LELANG BARANG GADAI DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) SYARIAH KANTOR CABANG SIMPANG SKIP KOTA BENGKULU MENURUT FATWA DSN-MUI NO.25/III/2002

SARWENDA, SARWENDA (2018) PROSEDUR PELAKSANAAN LELANG BARANG GADAI DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) SYARIAH KANTOR CABANG SIMPANG SKIP KOTA BENGKULU MENURUT FATWA DSN-MUI NO.25/III/2002. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SARWENDA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur Pelaksanaan Lelang di PT Pegadaian (Persero) Syariah Simpang Sekip Kantor Cabang Bengkulu dan untuk mengetahui apakah Implementasi Prosedur Pelaksanaan Lelang Barang Gadaian Di PT Pegadaian (Persero) Syariah Kantor Cabang Bengkulu telah sesuai Menurut Fatwa DSN-MUI No.25/III/2002. untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan Pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan Teknik Pengumpulan Data Primer Berupa Observasi, Wawancara, Kepustakaan, dan Dokumentasi. Sedangkan Data Sekunder berupa Arsip, Dokumen yang berkaitan dengan Objek Penelitian. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah Reduksi Data, Display Data dan Verification. kemudian dianalisis lebih lanjut dan diambil suatu kesimpulan. dari hasil penelitian bahwa ketika terdapat nasabah yang tidak mampu untuk membayar cicilan/angsuran maka pihak Pegadaian Syariah Kantor Cabang Bengkulu akan memberikan surat peringatan (SP) kepada nasabah tersebut, apabila surat peringatan tersebut sudah diberikan kepada nasabah sebanyak 3 (tiga) kali, akan tetapi nasabah tidak respon, selanjutnya pihak pegadaian akan melakukan survey untuk melihat secara langsung mengapa nasabah tidak membayar angsuran. Setelah itu pihak pegadaian akan bernegosiasi dan mediasi, seperti menawarkan penjadwalan kembali tagihan. Apabila tidak menemukan hasil maka alternatif terakhir pihak pegadaian adalah melelang barang jaminan nasabah melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kota Bengkulu.Menurut Perspektif Fatwa DSN-MUI prosedur Pelaksanaan Lelang Barang Gadaian Di PT Pegadaian Syariah Kantor Cabang Bengkulu telah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No.25/III/2002.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lelang, Pegadaian dan Fatwa DSN-MUI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:12
Last Modified: 03 Nov 2022 08:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10735

Actions (login required)

View Item View Item