KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SDN 74 KOTA BENGKULU

Rasina, Rasina (2018) KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SDN 74 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RASINA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan SD Negeri 74 Kota Bengkulu?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah disproportionate stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti akan melalukan pengumpulan data dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menguji hipotesis menggunakan rumus product moment didapatkan hasil penelitian bahwa ada korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistic dengan menggunakan rumus product moment yaitu rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% atau rhitung ≥ rtabel sebesar 0,887 ≥ 0,220 dengan kontribusi variabel X ( minat belajar ) terhadap variabel Y ( hasil belajar ) sebesar 78,6% sedangkan sisanya sebesar 21,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:12
Last Modified: 03 Nov 2022 08:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10744

Actions (login required)

View Item View Item