PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMPN 02 TOPOS

Sulistia, Cici (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMPN 02 TOPOS. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
skripsi cici.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah : Apakah dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VIII. SMPN02 Topos. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri02 Topos. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research)Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan mengingat kualitas pembelajaran dikelas bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pelajaran. Hasil penelitian adalah dengan model pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa di kelas VIII SMPN 02 Topos. Hal ini dapat dibuktikan bahwa proses belajar mengajar dalam pembelajaran PAI dengan model pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray sudah mengalami peningkatan.hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray, pada mata pelajaran PAI siswa di kelas VIII.SMPN 02 Topos sudah meningkat hal ini dapat dinilai dari nilai tes sebelum dilakukan tindakan (pretes) 15 orang siswa yang mendapat nilai 65 dan 9 orang yang mendapat nilai 65 dan nilai tes siswa setelah dilakukan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray nilai postes siklus I, 10 orang siswa yang mendapat nilai 65, ada 6 orang yang memiliki nilai 65 dan 8 siswa yang mendapat nilai 65. Sedangkan nilai postes siklus II, 20 orang siswa yang mendapat nilai 65 dan 4 orang yang mendapat nilai 65. Dengan melalui model pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa terlihat dari prasiklus, siklus I, siklus II secara berturut-turut yaitu 38%, 67%, 83%. Hal ini menandakan bahwa tindakan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya dan telah mencapai proses dan hasil belajar yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:12
Last Modified: 03 Nov 2022 08:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10745

Actions (login required)

View Item View Item