POLA PEMBELAJARAN TAHFIDZ QUR’AN DI MTs AL-QUR’AN HARSALLAKUM KOTA BENGKULU

FIRDAUS, MUHAMMAD (2018) POLA PEMBELAJARAN TAHFIDZ QUR’AN DI MTs AL-QUR’AN HARSALLAKUM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
skripsi m. firdaus pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti mengangkat masalah tentang: Bagaimana Pola Pembelajaran Tahfidz Qur’an di MTs Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu meliputi tahapan atau tingkatan menghafal dan metode untuk menghafal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dimana pendekatan kualitatif lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta mengumpulkan data-data kemudian di analisis. Penelitian ini adalah jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak di peroleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan Sumber data dalam penelitian ini adalah ustad/ustadzah karena ingin menggali, mengamati atau mencari data-data yang lebih akurat dan para santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan tri angulasi data. Teknik analisis data yaitu data reduction, data display dan data conculusion/verivication. Hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa tingkat pembelajaran tahfidz a. Kelas pemula, yaitu kelas yang santrinya belum bisa dalam membaca Al-Qur’an dan belum ada hafalan Qur’annya. b. Kelas perbaikan, yaitu kelas yang santrinya sudah bisa membaca Al-Qur’an tetapi tajwidnya masih salah. c. Kelas mahir, yang santrinya sudah lancar membaca dan benar hafalan Qur’annya Pelaksanaan pembelajaran tahfidz ini dilaksanakan dua jam pelajaran selama tiga hari setiap pagi dari hari selasa, rabu, dan kamis. Metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an di MTs Harsallakum sebagai berikut: metode Jama‟, metode Sima‟i, metode Talaqqi, dan metode Takrir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Pembelajaran, Tahfidz Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:14
Last Modified: 03 Nov 2022 08:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10761

Actions (login required)

View Item View Item