PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MIN 01 BENGKULU UTARA KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA

Ardiyanto, Ardiyanto (2018) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MIN 01 BENGKULU UTARA KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
ARDI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan keberhasilan kegiatan belajar mengajar di MIN 01 Bengkulu Utara Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan keberhasilan kegiatan belajar mengajar di MIN 01 Bengkulu Utara Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun informan pada penelitian ini adalah kepala madrasah dan beberapa guru beserta staf TU. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kegiatan belajar mengajar di MIN 01 Bengkulu Utara sudah cukup baik. Kepala sekolah menjalankan tugasnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Hanya saja ada perlakuan yang berbeda antara pegawai PNS dengan pegawai Non-PNS. Dalam menjalankan perannya sebagai supervisor, kepala sekolah mengadakan supervisi setiap 3 bulan sekali. Kepala sekolah melakukan monitoring ke setiap kelas tidak setiap hari. Kepala MIN 01 Bengkulu Utara melakukan monitoring 2 minggu sekali bahkan sampay 1 bulan sekali. Hasil belajar mengajar di MIN 01 Bengkulu Utara sudah sangat baik. MIN 01 Bengkulu Utara sudah banyak mendapat prestasi dalam berbagai lomba tingkat Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi. Hanya saja di MIN 01 Bengkulu Utara masih kurangnya sarana dan prasarana seperti gedung dan media (infocus). Sehingga dengan kurangnya media, anak menjadi susah memahami materi yang disampaykan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:14
Last Modified: 03 Nov 2022 08:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10762

Actions (login required)

View Item View Item