TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH DALAM MENYEDIAKAN LAPANGAN PEKERJAAN DITINJAU DARI KONSEP NEGARA KESEJAHTERAAN DAN HUKUM ISLAM

MAGHDALENA, MUSTIKA (2018) TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH DALAM MENYEDIAKAN LAPANGAN PEKERJAAN DITINJAU DARI KONSEP NEGARA KESEJAHTERAAN DAN HUKUM ISLAM. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MUSTIKA MAGHDALENA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah tanggung jawab pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan ditinjau dari konsep negara kesejahteraan (2) Bagaimanakah tinjauan hukum Islam terhadap sistem negara kesejahteraan ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh tanggung jawab pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan ditinjau dari konsep negara kesejahteraan dan juga untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap sistem negara kesejahteraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dan penelitian pustaka (library research). Penelitian hukum normatif yaitu penelitian yang mengkaji norma-norma yang berlaku sedangkan penelitian (library research) atau penelitian kepustakaan yakni, adalah sebuah penelitian untuk memperoleh data bersumber dari pustaka, buku-buku, atau karya-karya yang relevan dengan pokok permasalahan yang di teliti. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa tanggung jawab pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan menurut konsep negara kesejahteraan yaitu pemerintah bertanggung jawab dalam menyediakan lapangan pekerjaan yang layak bagi masyarakat, pemerintah bertanggung jawab dalam pemberian upah yang sesuai dengan profesi yang diemban. Dari tinjauan hukum Islam: Islam sebagai agama rahmatan lil alamin, memberikan hak kepada setiap orang untuk mendapatkan pekerjaan, sebagaimana Allah berfirman dalam Al-quran surah At Taubah ayat 105 yang artinya “Dan katakanlah: Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan pada (Allah) yang mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitahukan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” Ayat tersebut menegaskan bahwa setiap pekerjaan itu harus dipertanggungjawabkan yaitu harus yang benar dan bermanfaat. Oleh karena itu pemerintahpun bertanggung jawab menciptakan kesejahteraan bagi rakyatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Tanggung jawab pemerintah, lapangan pekerjaan, Negara kesejahteraan, hukum Islam.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:14
Last Modified: 03 Nov 2022 08:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10766

Actions (login required)

View Item View Item