PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) DALAM MENGAWASI PEMBIAYAAN BERMASALAH DI PT. BPRS MUAMALAT HARKAT KECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN SELUMA

MUZAKKY, AHMAD (2018) PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) DALAM MENGAWASI PEMBIAYAAN BERMASALAH DI PT. BPRS MUAMALAT HARKAT KECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD MUZAKKY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan terjadinya Pembiayaan Bermasalah di PT. BPRS Muamalat Harkat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma dan mengetahui peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dalam Mengawasi Pembiayaan Bermasalah di PT. BPRS Muamalat Harkat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Untuk mengungkap persoalan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memberikan informasi fakta dan data serta mekanisme Peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dalam Mengawasi Pembiayaan Bermasalah di PT BPRS Muamalat Harkat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan melakukan langkah-langkah reduksi data,penyajian data,membandingkan dengan teori yang ada dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian tersebut di temukan bahwa (1) faktor yang menyebabkan pembiayaan bermasalah di PT. BPRS Muamalat Harkat yakni faktor intern dan ekstern, Faktor intern BPRS yaitu, Kelemahan dalam analisa, kurangnya kontrol terhadap penggunaaan dana yang diberikan kepada nasabah dan kelemahan dalam analisa 5C+1S serta faktor ekstern yaitu, faktor ekonomi, Pengaruh lingkungan daerah nasabah, Karakter nasabah, faktor lain-lain. (2) Peran Otoritas Jasa Keuangan Bengkulu dalam hal pembiayaan bermasalah yaitu memantau, mengawasi serta mengarahkan dan menjembatani atau menjadi fasilitator segala aktivitas lembaga keuangan tersebut agar tidak terjadi pembiayaan bermasalah terutama di PT. BPRS Muamalat Harkat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Otoritas Jasa Keuangan, Pembiayaan Bermasalah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:16
Last Modified: 03 Nov 2022 08:16
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10776

Actions (login required)

View Item View Item