PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT-AYAT AL-QUR’AN DAN HADITS MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH KABUPATEN MUSI RAWAS

SUGIYONO, SUGIYONO (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT-AYAT AL-QUR’AN DAN HADITS MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH KABUPATEN MUSI RAWAS. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
TESIS SUGIYONO PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal Ayat-ayat Al-Qur‟an dan hadits pada siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Kabupaten Musi Rawas dengan menerapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis dan MC. Taggart, yang terdiri atas 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, non tes dengan menggunakan pedoman observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan menghafal ayat-ayat AlQur‟an dan hadits pada siswa kelas VII MTs Al-Hidayah dalam pembelajaran AlQur‟an hadits. Hal ini dibuktikan dengan sebelum dilaksanakan tindakan (Pra siklus) jumlah siswa tuntas 12 orang dan tidak tuntas sebanyak 18 orang, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 60,70 dan nilai ketuntasan kelas mencapai 40%. Pada siklus I terjadi peningkatan persentase kekuntasan belajar siswa sebesar 37% yaitu dari 40% (pra siklus) menjadi 77%, dengan jumlah siswa tuntas 23 orang dan tidak tuntas 7 orang dengan nilai rata-rata kelas sebesar 63,83. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dari 77% menjadi 96,67%. Jumlah siswa tuntas sebanyak 29 orang, dan tidak tuntas 1 orang dengan rata-rata nilai siswa sebesar 69,40, yang artinya sudah mencapai nilai KKM pada mata pelajaran Al-Qur‟an hadits yang ditentukan yaitu 65, dengan perolehan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 62.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Tutor Sebaya, Kemampuan Menghafal Ayat-Ayat Al-Qur‟an dan Hadits.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:17
Last Modified: 03 Nov 2022 08:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10790

Actions (login required)

View Item View Item