OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ILMU TAFSIR SISWA KELAS X JURUSAN KEAGAMAAN DI MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU

YUSRA, YUSRA (2018) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ILMU TAFSIR SISWA KELAS X JURUSAN KEAGAMAAN DI MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
TESIS YUSRA PAI 2018.pdf

Download (752kB)

Abstract

Proses pendidikan dapat diupayakan melalui berbagai teknik dan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Untuk memenuhi kebutuhan siswa maka dilaksanakan kegiatan pembelajaran yang bisa mengembangkan kegiatan belajar siswa, sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang baik, yang bermanfaat bagi siswa itu sendiri serta diinginkan guru maupun orang tua. Oleh karena itu, berhasilnya proses pembelajaran dikelas tidak terlepas dari upaya guru dan orang tua sehingga siswa bisa berhasil dalam belajarnya. Untuk mewujudkan siswa yang berhasil dalam belajarnya, mempunyai pengetahuan yang luas, cakap dan kreatif maka perlu usaha untuk pengembangan potensi siswa disekolah. Dalam pelaksanaan proses belajar, siswa tidak terlepas dari berbagai masalah yang menyebabkan perkembangan belajarnya tidak selalu selalu berjalan lancar dan memberikan hasil sesuai yang diharapkan. Demikian juga dengan siswa madrasah Aliyah Negeri 1 Model Kota Bengkulu, Walaupun mempunyai fasilitas dan sarana pendidikan yang memadai serta proses pembelajaran yang baik, tetapi masih banyak siswa mengalami masalah-masalah pendidikan dan pelajaran. Pada dasarnya setiap gejala yang dialami siswa ada sesuatu yang melatarbelakanginya, demikian pula dengan berbagai masalah pendidikan dan pelajaran yang dialami siswa. Siswa yang tidak konsentrasi dalam belajar dapat dilatarbelakangi oleh gangguan kesehatan, kondisi keluarga yang kurang mendukung, tidak menyukai materi pelajaran dan sebagainya. Setiap jenis masalah banyak sekali faktor yang dapat melatarbelakanginya. Gejala masalah yang sama dapat dilatarbelakangi oleh faktor yang sama tetapi dapat juga dilatarbelakangi oleh faktor yang berbeda. Rumusan Masalah dalam penelitian ini ada dua yaitu : (1) Bagaimana upaya guru dalam optimalisasi minat belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Tafsir? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam optimalisasi pembelajaran Ilmu Tafsir?. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif yang bersifat studi kasus (case studies). Dalam penelitian kasus, unit yang diteliti lebih sempit tetapi mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: gambaran minat belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Tafsir siswa kelas X jurusan keagamaan di MAN 1 Model Kota Bengkulu. Pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah model paradigma naturalistik, yaitu suatu kajian tentang kegiatan manusia dalam konteks naturalistik untuk membangun pengetahuan yang dapat disepakati dan diterapkan dalam kehidupan. Kegiatan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Optimalisasi minat belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Tafsir di Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu. Dari analisa yang telah penulis lakukan dalam penelitian ini memiliki hasil yang menunjukkan bahwa siswa kelas X jurusan keagamaan MAN 1 Model Kota Bengkulu sangat berminat dalam mengikuti pembelajaran ilmu tafsir, akan tetapi hanya saja dalam peroses pembelajaran memiliki berbagai masalah sehingga kurang optimalnya pembelajaran ilmu tafsir. Maka dari itu guru harus melakukan upaya-upaya yang lebih agar dapat mengoptimalkan pembelajaran ilmu tafsir tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:17
Last Modified: 03 Nov 2022 08:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10791

Actions (login required)

View Item View Item