MPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWAROH KAB. KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU

RODIAH, RODIAH (2018) MPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWAROH KAB. KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
TESIS RODIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada penerapan pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Al-Munawwaroh kepahiang. Pesantren ini merupakan pesantren yang secara kelembagaan berbentuk khalafi meskipun demikian pesantren ini tetap mempertahankan tradisi lama yaitu pembelajaran kitab kuning dengan metode sorogan bahkan metode sorogan menjadi sebuah kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pembelajaran kitab kuning, pelaksanaan, metode faktor pendukung dan penghambat, kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran kitab kuning dengan metode sorogan di Pondok Pesantren Al�Munawwaroh Kabupaten Kepahiang. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah pimpinan pondok, ustad/ustazah dan santri pengumpulan data dengan mengunakan teknik utama observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian teknik pengolahan data mengunakan keabsahan data reduksi data, display data, analisis data. Dan untuk untuk interpestasi data dengan menafsirkan dalam bentuk uraian. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Implementasi metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning ini dipondok pesantren Al-Munawwaroh ini dianggap metode yang paling utama atau yang paling menonjol dalam pembelajaran kitab kuning diantara metode lain di pondok pesantren Al-Munawwaroh. Ini karena metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning ini dapat menanamkan sikap percaya diri, rasa tanggung jawab dan terjalin interaksi antara kyai, ustad/ustazah maupun santri dimana santri dapat diarahkan atau dibimbing dengan ustad/ustazah secara langsung jadi santri akan mudah untuk memahami isi dari kitab kuning tersebut. Walaupun ada beberapa kendala yang dihadapi dalam pembelajaran kitab kuning tentunya waktu yang begitu panjang dan membutukan kesabaran, ketekunan, dan kedisiplinan yang ekstra dengan metode sorogan namun bukanlah suatu halangan untuk tetap mempertahan tradisi lama supaya dapat mencapai suatu tujuan yaitu pembelajaran kitab kuning dengan metode sorogan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:18
Last Modified: 03 Nov 2022 08:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10794

Actions (login required)

View Item View Item