ANALISIS WACANA PEMBERITAAN DUGAAN PENISTAAN AGAMA PADA MEDIA MASSA ONLINE KOMPAS.COM (Berita Edisi November – Desember 2016)

Riyanto, Riki (2018) ANALISIS WACANA PEMBERITAAN DUGAAN PENISTAAN AGAMA PADA MEDIA MASSA ONLINE KOMPAS.COM (Berita Edisi November – Desember 2016). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI WORD RIKI RIYANTO,S.Sos.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada skripsi ini terdapat satu permasalahan utama yang diteliti, yaitu: Bagaimana analisis berita dugaan penistaan agama pada media massa online kompas.com edisi November - Desember 2016. Adapuntujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengungkap, memahami, dan menganalisismedia massa online kompas.comdalam mempresentasikan beritadugaan penistaan Agama edisi November – Desember 2016. Untuk mengungkap secara mendalam persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode analisis wacana dengan model Van Dijk yang bermanfaat untuk memberikan informasi dari representasi berita tersebut. Berdasarkan hasil analisis struktur berita, wartawan menskemakan berita tersebut kedalam dua sub kategori, yaitu sub kategori situasi atau jalanya peristiwa dan sub kategori komentar atau ungkapan-ungkapan para narasumber. Gaya bahasa dan pemilihan kata yang dipakai oleh media Massa Online Kompas.comdalam menulis berita tersebut banyak menggunakan istilah-istilah yang tidak begitu populer di telinga masyarakat umum, sehingga menimbulkan kesulitan bagi pembaca dalam memaknai istilah kata yang terdapat dalam berita itu. kemudian media massa online kompas.com menampilkan foto-foto komunikator sebagai narasumber pada berita tersebut yang merupakan bagian dari elemen grafis yang terdapat dalam model Van Dijk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:18
Last Modified: 03 Nov 2022 08:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10800

Actions (login required)

View Item View Item