PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ADVOKASI PADA SISWA SD NEGERI 74 NANTI AGUNG KABUPATEN BENGKULU SELATAN

YANI, YETI PUSPA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ADVOKASI PADA SISWA SD NEGERI 74 NANTI AGUNG KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
FULL SKRIPSI .pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran advokasi pada pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 74 Nanti Agung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau disebut juga dengan classroom action research. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Sumber dari data primer adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa dan guru kelas IV sebagai kolaborator, sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari hasil penilaian mata pelajaran IPS. Hasil dari penelitian ini yaitu : bahwa penerapan model pembelajaran advokasi pada pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 74 Nanti Agung yaitu dengan cara diskusi kelompok dimana masing-masing kelompok mengutus salah satu anggotanya untuk menjadi juru bicara yang mewakili kelompoknya untuk melakukan perdebatan dengan kelompok lain. Debat yang dilakukan membahas suatu tema yang telah ditentukan guru. Proses debat dimulai dari satu kelompok yang memilih suatu tema kemudian juru bicara kelompok lain mengajukan pertanyaan, lalu dijawab oleh juru bicara kelompok yang memilih tema tersebut. Jawaban juru bicara kelompok tersebut kemudian ditanggapi oleh kelompok yang lainnya. Dalam pembelajaran ini guru mengatur dan mengarahkan siswa agar memberikan pendapat/ argumennya tidak melenceng dari tema yang sedang dibahas pada diskusi kelompok. Berdasarkan hasil wawancara bahwa siswa merasa senang dengan pembelajaran advokasi karena melatih mereka untuk berani menyampaikan pendapat di depan teman-temannya. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada Siklus I dan Siklus II untuk menerapkan model pembelajaran advokasi di kelas IV pada pelajaran IPS tentang sumber daya alam kita, bahwa prosentase ketuntasan belajar siswa yaitu 86,21 %. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran advokasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 74 Nanti Agung Kabupaten Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Advokasi, IPS, Hasil Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:18
Last Modified: 03 Nov 2022 08:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10801

Actions (login required)

View Item View Item