PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BROKEN SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU

MAZIDAH, NUR HALIMAH (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BROKEN SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
FULL SKRIPSI .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran broken square pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5c SD Negeri 16 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau disebut juga dengan classroom action research. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Sumber dari data primer adalah siswa kelas 5c yang berjumlah 43 siswa dan guru matematika kelas 5 sebagai kolaborator, sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari hasil penilaian mata pelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini yaitu : bahwa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada Siklus I dan Siklus II untuk menerapkan model pembelajaran broken square pada pelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan bulat terbukti telah meningkatkan motivasi belajar siswa, hal tersebut terlihat dari peningkatan prosentase motivasi belajar siswa, yaitu pada Siklus I prosentase motivasi belajar siswa yaitu : tanggapan siswa 67,44 %, perhatian siswa 90,70 %, perasaan siswa 81,40 %, semangat siswa 76,74 %, dan tanggung jawab siswa 67,44 %. Kemudian pada Siklus II prosentase motivasi belajar siswa meningkat menjadi yaitu : tanggapan siswa 90,70 %, perhatian siswa 100 %, perasaan siswa 100 %, semangat siswa 100 %, dan tanggung jawab siswa 90,70 %. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran broken square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas 5c SD Negeri 16 Kota Bengkulu. Penerapan model pembelajaran broken square pada pelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan bulat di kelas 5c, yaitu bahwa dalam proses pembelajaran para siswa dalam satu kelompok bersama-sama mengerjakan soal latihan matematika dengan menyatukan potongan-potongan kertas origami (yang telah dibentuk menjadi jenis-jenis bangun datar seperti lingkaran, segitiga, persegi panjang, dan sebagainya) yang telah berisikan potongan-potongan soal latihan tentang operasi hitung bilangan bulat untuk kemudian disatukan menjadi soal latihan yang utuh, setelah itu dicari jawabannya. Setelah tugas kelompok selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan tugasnya masing-masing di depan kelas. Dengan situasi pembelajaran yang melibatkan semua siswa untuk aktif belajar maka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan bulat di kelas 5c SD Negeri 16 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Broken Square, Matematika, Motivasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:18
Last Modified: 03 Nov 2022 08:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10802

Actions (login required)

View Item View Item