HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IVSDNEGERI20 BENGKULU TENGAH

Khasanah, Lia (2018) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IVSDNEGERI20 BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKIRIPSI LIA KHASANAH UNTUK KASET.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan kemampuan membaca siswa dilihat ketika siswa diminta untuk membaca teks dari materi, siswa tidak dapat mengucapkan isi bacaan dengan jelas sesuai dengan ejaan yang disempurnakan, proses belajar mengajar yang didominasi gurudengan metode yang masih konvensional yaitu ceramahdanpenugasanindividual, kemampuan siswa untuk menerima dan memahami materi pelajaran pun tidak maksimal. Hal tersebut tercermin dari nilai praktek membaca yang belum memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kemampuan membaca dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 20 Bengkulu Tengah.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, tes evaluasi dan lisan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus r product moment.Hasil penelitian ini adalah adanyahubungan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 20 Bengkulu Tengah.Hal ini terlihat dari hasilperhitungan nilai tes lisan dan nilai soal evaluasi siswa, yaitu dengan jumlah siswa sebesar 20 orang, rhitung 0,476> rtabel pada nilai koefisien korelasi product moment pada taraf signifikan 5% sebesar 0,444.Dengan demikian berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu Terdapathubungan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 20 Bengkulu Tengah, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:18
Last Modified: 03 Nov 2022 08:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10803

Actions (login required)

View Item View Item