PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KELERENG TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR NEGERI 07 KECAMATAN SELAGAN RAYA KABUPATEN MUKOMUKO

WATI, RIDA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KELERENG TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR NEGERI 07 KECAMATAN SELAGAN RAYA KABUPATEN MUKOMUKO. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang ada di Sekolah Dasar Negeri 07 Kecamatan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko seperti memecahkan masalah Siswa masih banyak yang belum mencapai ketuntasan pada nilai matematika guru masih kurang variatif dalam memberikan model dan metode pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kelereng terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 07 Kecamatan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel independen tipe sparated varians. Tehnik sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III yang terdiri dari kelas III A 20 orang dan kelas III B 20 orang dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian mengambil dua kelas ini dijadikan sampel yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data mengunakan tes. Tehnik analisis data dapat dilihat dari hasil uji t-hitung dengan dk 20 pada taraf signifikan 5% = 28.10. Kesimpulannya, dengan demikian uji t-tes hitung > uji t-tes tabel (28.10>2.12) sehingga hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima sedangkan hipotesis (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengaruh penggunaan media kelereng dan hasil belajar siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:18
Last Modified: 03 Nov 2022 08:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10804

Actions (login required)

View Item View Item