PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 99 KOTA BENGKULU

Sari, Wiwita (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 99 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Wiwita Sari.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran Matematika, yaitu pada saat pembelajaran siswa cenderung pasif, siswa kurang memiliki rasa percaya diri, keberanian untuk menjawab pertanyaan karena takut jawabannya salah, dalam menerapkan metode pembelajaran, guru belum menekankan pada aktivitas siswa, pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang variatif, guru lebih banyak menggunakan model konvensional dengan metode ceramah dan mencatat, media pembelajaran juga belum dimanfaatkan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 99 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pengujian hipotesis asosiatif, untuk mengetahui tingkat keefektifitasan siswa untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI). Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Assited Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika, terbukti dengan hasil penelitian menggunakan rumus “korelasi produst moment” didapatkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel, yaitu 0,861 ≥ 0,381. Koefisien determinasinya r² = 0,861² = 0,7413. Hal ini berarti hasil belajar yang mempengaruhi adalah 74,13% ditentukan oleh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI), sedangkan 25,87% dipengaruhi oleh faktor lain. Berarti hipotesis kerja (Ha) terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 99 Kota Bengkulu. Nilai siswa kelas eksperimen meningkat dimana nilai rata-rata pretest yaitu 61,24 menjadi 75,44 pada posttest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:19
Last Modified: 03 Nov 2022 08:19
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10806

Actions (login required)

View Item View Item