PUTRI, LESTARI RISALENA (2018) PERAN GURU KELAS SEBAGAI FASILITATOR BELAJAR AKTIF DAN MANDIRI DI SD NEGERI 62 BENGKULU SEALATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text
SKRIPSI LESTARI RISALENA PUTRI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk peran guru sebagai fasilitator pada siswa kelas III di SD Negeri 62 Bengkulu Selatan; untuk mengetahui apa saja faktor penghambat guru sebagai fasilitator pada siswa kelas III di SD Negeri 62 Bengkulu Selatan; untuk mengetahui solusi untuk mengatasi kendala guru dalam memberikan fasilitator di kelas III SD Negeri 62 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian adalah guru kelas III telah menjalankan perannya sebagai fasilitator pembelajaran yang baik, guru mau mendengarkan kesulitan siswa dalam belajar dan bersikap sabar dalam menghadapi siswa tersebut. Faktor pendukung guru menggunakan sumber belajar dan dapat mengembangkan media pembelajaran, sedangkan untuk faktor penghambat guru dalam menjalankan perannya sebagai fasilitator pembelajaran, tidak dijadikan kendala untuk tetap mengajar siswa dengan baik. Belajar aktif dalam penelitian ini terdapat dalam indikator, yaitu dari segi guru seperti guru memotivasi siswa agar bersemangat dan berpartisipasi dalam pembelajaran dan tidak mendominasi kegiatan belajar siswa, guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar aktif dengan caranya masing-masing, dari segi siswa ialah keinginan dan keberanian siswa dalam menampilkan bakat dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, keinginan siswa dalam berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, usaha siswa dalam pembelajaran sampai mencapai hasil, kemandirian siswa dalam pembelajaran. Guru kelas III telah menjalankan perannya sebagai fasilitator dalam pembelajaran mandiri, namun motivasi siswa dalam belajar mandiri di kelas III masih kurang. Kemandirian siswa dalam belajar memang belum bisa dikatakan bagus di kelas III SD Negeri 62 Bengkulu Selatan ini, namun bukan berarti siswa kelasa III ini tidak bisa mandiri dalam belajar, hanya saja perlu waktu dan proses yang lama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru sebagai Failitator Belajar Aktif dan Mandiri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 02:41 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 02:41 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10809 |
Actions (login required)
View Item |