PENANAMAN DISIPLIN DENGAN MEMBERI HUKUMAN OLEH WALI KELAS PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.11 TEBAT KARAI KABUPATEN KEPAHIANG

HABIBI, ADNAN (2018) PENANAMAN DISIPLIN DENGAN MEMBERI HUKUMAN OLEH WALI KELAS PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.11 TEBAT KARAI KABUPATEN KEPAHIANG. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ADNAN HABIBI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah bentuk penanaman disiplin dengan hukuman oleh wali kelas pada siswa di Sekolah Dasar Negeri nomor 11 Tebat Karai Kepahiang dan Apa problematika menanamkan disiplin dengan hukuman oleh wali kelas pada siswa di Sekolah Dasar Negeri nomor 11 Tebat Karai Kepahiang. Tujuan penelitian adalah mengetahui problematika menanamkan disiplin dengan hukuman oleh wali kelas pada siswa di Sekolah Dasar Negeri nomor 11 Tebat Karai Kepahiang dan mengetahui bentuk penanaman disiplin dengan hukuman oleh wali kelas pada siswa di Sekolah Dasar Negeri nomor 11 Tebat Karai Kepahiang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek/informan adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, wali kelas V serta siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri nomor 11 Tebat Karai Kepahiang. Hasil penelitian meliputi, bentuk penanaman disiplin dengan hukuman oleh wali kelas pada siswa di Sekolah Dasar Negeri Nomor 11 Tebat Karai Kepahiang, adalah siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah diberikan hukuman yang berbentuk menyapu halaman sekolah, membersihkan kelas, diberi tugas dua kali lipat, membawa bunga dan membersihkan papan tulis. Jadi bentuk hukumannya sama sekali tidak menyakiti fisik dan psikis siswa, melainkan membiasakan siswa untuk bertanggungjawab atas segala perbuatan yang telah ia lakukan. Faktor penghambat menanamkan disiplin dengan hukuman oleh wali kelas pada siswa di Sekolah Dasar Negeri Nomor 11 Tebat Karai Kepahiang, ada sebagian orang tua yang merasa keberatan anakanya dikenakan hukuman bahkan ada diantara orang tua siswa itu marah-marah kepada kepala sekolah dan para guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Hukuman, Wali Kelas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:41
Last Modified: 04 Nov 2022 02:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10810

Actions (login required)

View Item View Item