MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI TEKNIK PERMAINAN BAHASA SD NEGERI 168 SELUMA

SARI, DELLA JELITA (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI TEKNIK PERMAINAN BAHASA SD NEGERI 168 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DELLA JELITA SARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

DN 168 Seluma pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui teknik Permainan Bahasa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui tematik permainan bahasa sudah lancar siswa. Hal ini dapat dilihat dari beberapa faktor, yaitu: Faktor guru, yaitu aktivitas guru dalam proses belajar-mengajar dari siklus I sampai siklus I semakin meningkat dengan persentasi ratarata keseluruhan 79,17%. Faktor siswa, yaitu berupa jumlah total aktivitas siswa dalam proses belajar-mengajar dengan persentasi rata-rata keseluruhan 71,42%. Faktor hasil belajar, yaitu kemampuan siswa dalam membaca dapat meningkat khususnya dalam membaca lancar. Hal ini dapat dilihat dari tes formatif hasil belajar siswa pada siklus terakhir rata-rata nilai 67,33. Rata-rata nilai pada siklus terakhir tersebut berada di atas Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan oleh madrasah, yaitu rata-rata 60,00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, teknik permainan bahasa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:41
Last Modified: 04 Nov 2022 02:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10819

Actions (login required)

View Item View Item